Senin, September 22, 2014

5 Peralatan yang penting ketika punya bayi Versi Nay

Sebelumnya kan pernah bikin daftar wishlist tuh sewaktu mau lahiran. Ini wishlist emang dipikir-pikir kurang ajar juga ya. Untunglah temen-temen saya baik2 yah mau ngewujudin *plak* Mau ditutup aja linknya tapi kok hitsnya banyak, jadi ragu, haha
Tapi  sebenernya ya, dari lubuk hati yang paling dalam niat utama bikin wishlist sih maksudnya biar mempermudah aja. Pengalaman selama di kantor udah berapa kali beli kado patungan orang ruangan tapi tiap udah sampe di toko ya gitu bingung sendiri, enaknya kasih apa ya?
nah kalo udah punya wishlist tuh enak, selain mempermudah yang mau ngasih, memperkecil kemungkinan juga punya barang yang sama. Ini wishlist udah dibikin juga ternyata masih ada lo beberapa barang yang jumlahnya lebih dari 1 dapetnya. Jadinya bingung kan mau diapain.
 Nahh sekarang dari hal-hal yang dimasukkan wishlist itu mau direview, mana-mana aja sih yang bisa kepake sampe lama jadi bisa dipikirin lagi perlu nggaknya beli.
Hampir semuanya berfungsi sih kalo di saya, namanya juga kan barangnya ada, ya pake-pake aja kan. Nahh cuma kalau disuruh memilah-milah lagi mana yang paling penting karena budget yang terbatas, berikut ini menurut saya :

1. Sterilizer merk Panasonic (cuma ini sterilizer yang gede kapasitasnya dan ga cm buat steril botol)
Ini barang udah langsung berfungsi dari pertama dikasih sampai dengan sekarang loh. Soalnya sterilizer ini ga cuma bisa sterilin botol tapi juga semuanya, sampe tutup botol pun, sampe alat makan pun.
Jadi kalo selama ini, botol minum kakak yang dipake selama seharian ditinggal di kantor itu kan dikumpulin jadi satu. Nanti malemnya tugas misua dibantu dengan doa saya buat nyuciin. Abis itu daripada steril dengan merebus, saya lebih suka dengan sterilizer ini karena dia menguapkan semua sisa-sisa air di dalam botol, jadi ga usah di lap-lap lagi langsung bisa dipakai keesokan harinya. Kemungkinan untuk terkontaminasi jadi berkurang. Muatnya juga banyak, jadi semua botol bisa masuk sekaligus. Kalau rebus pake panci kan ga mungkin dong sekali rebus. Kalo steril lain jg paling sekali steril cuma berapa botol. Pokoknya paling cintaa deh sama alat ini, praktis dan higienis *halah

2. Hand Blender merk Panasonic ( ini merk apapun sih kayaknya bisa)
Lagi-lagi karena alasan praktis saya memilih barang ini sebagai must have item. Ya bisa sih di substitusi dengan blender atau ulekan yang manual, tapi kan lama dan ga praktis ya. Setelah anak saya usia 6 bulan kan memasuki masa MPASI tuh. Saya banyak menggunakan hand blender ini untuk membuat juice buah dan juga untuk menghaluskan makanan anak saya, biasanya saya kukus dulu bahan-bahannya, abis itu nanti pas mau makan diblender, atau ga untuk yang tertentu udah langsung saya stock sekalian puree-nya jadi nanti tinggal campur-campur di makanannya.

3. Slow Cooker IQ Baby
Punya dua slow cooker, 1 takahi satu lg IQ baby. Kalo yang takahi kan slow cooker favorit ibu2, tapi kali ini saya anti mainstream dikit  lebih suka yang IQ Baby (anti mainstream kok bilang2) karena mangkuknya isi dua jadi pas masak bisa bikin 2 menu sekalian biar anak ga bosen. Mangkok yang singlenya juga dikasih, jadi kalo mau masak satu macem dengan ukuran lebih besar pun bisa. Saya juga manfaatin mangkok slow cooker ini buat wadah kalau lg ngukus makanan pas awal-awal MPASI. Jadi multi fungsi kaann

4. Stroller
Saya kalau disuruh milih antara gendongan sama stroller gatau kenapa lebih ke stroller ya. Anak saya kebetulan bukan tipe yang mau kalo digendong pake gendongan yang iket-iket itu sih, jadinya kalau pas lagi jalan banyakan ya digendong biasa ga pake apa-apa, trus kalo cape ditaruh di stroller. Nanti kalo dah gamau di stroller ya gendong lagi. Emang jadi cape sih ya di kitanya kalo gendong-gendong tapi jadinya lebih bebas juga gerak anaknya. Kalau stroller ini sebenernya tergantung penggunanya juga. Saya dulu karena berpikir praktisnya, saya kalo ke mall pake yang stroller kecil. Ringan, simpel, mudah dibawa-bawa, tapi makin kesini kayaknya malah lebih enakan yang stroller besar. Walaupun jadi agak rempong bawanya, tapi stroller besar ini bisa difungsiin buat tempat naruh barang-barang yang kita bawa kalo anaknya lagi gamau duduk di stroller. Agak-agak salah fungsi juga sih, tapi kan intinya memudahkan*halah
Jadi kalo anaknya mau ditaruh stroller ya belanjaannya dicantolin di handle stroller, kalo anaknya minta gendong ya belanjaan taruh di kursinya. Kalo stroller kecilnya ga bisa buat naruh-naruh barang di handlenya karena saking ringannya jadi malah bikin ga imbang kalo dikasih barang berat.

5.Thermos Makan Tahan Panas (lunch box) merk Zojirushi atau Tiger
Ini sebenernya barang yang saya rasa mahaaal ga ketulungan untuk ukuran 'hanya' sebuah termos makan. Alhamdulillah banget dulu dapet dari wishlist. Dan baru bener-bener menyadari pentingnya barang ini setelah anak terbiasa diajak ngemol *ckckckck
Jadi kan bentuk termosnya kebagi 3 tempat gitu, jadi pas bisa buat naruh makan pagi, siang sore. Ini ya kalo saya siapin makan kakak dari pagi untuk semaleman sekitar jam 7-8 pagi gitu, nanti jam 8 malem pas saya buka masih awet loh angetnya. Padahal di iklannya cuma tahan 6 jam. Keren kan?
Makanya disayang-sayang bener tiap pergi ini selalu dipake, hehehe *yaiyya neng mahal,sayang juga ga dimaksimalin
Eh tapi kalau baca-baca ada juga sih yang versi agak murahnya merk Disney kalo ga salah itu 1/3 merk yang saya pake harganya. Cuma kalau tahan panasnya seberapa lama saya juga belum nyoba :)

6. Carseat
Carseat ini saya juga beneran manfaatin dari anak saya usia 40 hari *iya, emak bapaknya ngeksis jadi umur 40hr pas sempet diajak nginep di Bogor acara kantor bapaknya :P
Ini carseat banyak membantu ketika anak tidur diperjalanan. Selain bikin kita ga pegel mangku, anak juga bisa tidur lebih nyenyak karena posisi tidurnya nyaman dan hangat karena bantalannya banyak. Ada juga yang manfaatin carseat ini sebagai tempat makan kalo pas di rumah menggantikan fungsi high chair (saya sih nggak karena anak saya jarang makan di kursi)
Pas lagi ga tidur juga anak saya sih nyaman-nyaman aja duduk di carseat karena dia jadi bisa ngeliat keluar dengan tanpa dipangku. Sitting like a boss lah pokoknya :D

Udah kayaknya segitu aja cukup ya barang-barang yang perlu dibelinya. Nanti kalo saya tulis semuanya lagi jadi bukan yang paling penting lagi dong ah.
Kira-kira adakah yang mau nambahin atau mau ngurangin?
semoga bermanfaat yahh


Tidak ada komentar:

Posting Komentar