Rabu, Desember 10, 2014

Toilet training

Dulu pas masih hamil, saya dan suami suka membahas hal-hal yang harus dilatih dan diajarkan kepada anak ketika sudah lahir nanti. Salah satunya adalah toilet training ini. Dulu sempat khawatir,gimana yaa bisa ga ya kita ngajarinnya? Gimana caranya ya? Bekal kami cuma referensi berbagai blog ibu2 gahul di seantero dunia maya, hihi
Alhamdulillahnya, ternyata anak saya ga terlalu ribet lho toilet trainingnya. Jadi anak saya umur 1-2bulan memang sudah saya kenalkan dengan clodi. Dengan berbagai perhitungan, tampaknya clodi lebih ekonomis dibandingkan dengan pospak. Kebalikan dengan Ibu-ibu lain yang biasanya memakaikan celana pada siang hari dan pospak di malam hari, saya memakaikan clodi untuk anak saya pada siang hari itupun hanya pada saat dia selesai mandi dan menjelang makan. Maksud saya supaya mbak pengasuhnya ga perlu bolak-balik ganti baju kalau sampe kena ompol. Malam hari saya ga pakaikan apapun karena saya pikir toh dia tidurnya ga banyak gerak, sengompol-ngompolnya juga kan ada misua yang siap sedia menggantikan celananya #eh
Haha, iya jadi saya memang sudah bikin perjanjian dengan suami, kalau malam hari adalah tugas dia untuk mengganti popok/celana ketika anak saya ngompol karena tugas saya malam hari adalah tidur cukup dan menyusui anak. Baik kan suami saya? ;)
Pemakaian clodi ini berlangsung sampai anak saya hampir usia 1 tahun. Pas awal2 6 bulan ke 8 bulan memang  agak-agak ga muat ya itu clodi, mengingat bodi anak saya yanga duhai waktu itu, tapi tetep masih dipakein, didouble sama celana biar ga kemana2 itu udel :p. Oiya untuk pospak, bukan saya anti-anti banget ya. Kalau saya pergi ke luar, anak saya pakenya pospak juga, soalnya ga praktis aja bawa-bawa clodi kotor kemana-mana kan klo abis ganti. Jadi ya menyesuaikan kondisi juga.
Pas usia 10 bulan, mbak pengasuh anak saya berinisiatif untuk mengajarkan anak saya ke kamar mandi. Saya sih sebenernya ga minta, saya maunya kalo udah diatas setahun aja, karena saya baca-baca, kalau kita terlalu cepat TT dan anak ga suka, yang ada proses TT ini bakalan malah jadi lama. Waktu yang pas sebenarnya ketika usia 15 bulan ke atas. Jadi saya pesenin ke mbaknya, kalo anaknya ga mau,   ga usah dipaksa. Untungnya anak saya mau-mau aja pipis di kamar mandi.
Nah pas udah masuk 12 bulan nih, saya yang mulai gencar ngajakin anak pipis di kamar mandi. Pas masuk 1 tahun ini,  nak saya sudah lepas dari clodi. Jadi ya udah sehari-hari dia kalo dirumah pake celana biasa aja. Ngompol ga? ya kadang-kadang..kan jadi bagus, rumah jadi sering di pel, jadi makin kinclong dong pastinya, hihi
Biar ga keseringan kecolongan ngompol, saya minta sm mbaknya ngapalin jadwal pipis dia, nah abis itu jadi saya minta mbaknya ngajak anak saya pipis kalo udah pas jadwal-jadwalnya. Kalo saya lagi libur di rumah pun saya juga membiasakan untuk mengajak ke kamar mandi sesuai dengan jadwalnya. Untuk malam hari juga saya ga terlalu kesulitan karena anak saya memang jarang ngompol, biasanya kalo ngompol pasti bangun, jadi saya yang ngapalin jam bangun dia kalau anak saya bangun malam hari saya ajak pipis dl (kalau ga keduluan ngompolnya sih) Alhamdulillah sampai sejauh ini udah lumayan lancar. Kadang masih suka ngompol, tapi kan namanya juga belajar, insya Allah makin besar makin mudah.
Eh tapi bukan ga pernah gagal yaa ini acara TT. pernah suatu waktu dia sakit hampir seminggu, batpil karena ketularan emaknya. Anak saya ga banyak mau makan, minum susuuuu terus, kalau nggak dia minum air putih. Nah itu tuh jadwal jadi kacau balau. Pipis ga terjadwal ditambah dia kena diare juga. Akhirnya selama sakit saya pakaikan pospak. Seminggu setelah sembuh mulai lagi deh ngajarin TT dari awal. Tapi karena sudah pernah diajarkan sebelumnya mungkin ya, ga sampe 2 minggu alhamdulillah jadwalnya kembali normal.
PRnya tinggal ngajarin BAB aja nih yang belom teratur jadwalnya.
Semangat-semangaat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar