coba tebak apaan.
ha!iya, alay sodara2..
A.L.A.Y
bilang gw basi ato gak kreatip ato so yesterday sekalian deh, karena banyak bgt yang udah bahas topik ini.
tapi ya boo..gw gatel banget pgn ikutan urun pendapat dikit2 soal ni komunitas.*sekaligus menyalurkan hobi mencela gw:P
pertama,
soal definisi dulu.
sebenernya siapa sih yang pertama kali munculin istilah alay ini?
kebanyakan orang kalo ditanya apaan arti alay pasti gak ngerti.tapi klo suru nunjukin orang2 yang dimaksud alay itu kayak apa, pasti dah semangat bgt.*termasuk gw*..haha
kalo gw sendiri, mendefinisikan alay sebagai ABG Lebay.
kenapa lebay?karena di pandangan gw, alay itu orang2 yang hobi banget melakukan sesuatu secara berlebihan.
berasa pengen eksis. sayangnya kadang2 keterlaluan.
gw rasa mereka dulu itu minder dan ngerasa kok gak pernah keliatan ya..
jadilah biar rada famous bertingkah dilebih2kan..
cuma biar dapet perhatian.
kasihan ya..
hm, kalo dari ciri2, gw mengkategorikan dalam beberapa hal.
1. tulisan.
dari segi tulisan.. euh, rada2 rancu si ya.
ada yang bilang orang yang suka nulis dengan huruf besar kecil itu alay. ada juga yang berpendapat yang tulisannya pake paduan huruf sama angka itu yang alay. ada jg yang menilai dari cara penulisan huruf yang gak teratur. Buat gw, selama tulisan itu masi bisa dibaca dan gak ngeganggu mata pembacanya gw masi anggep normal.malah mungkin bagian dari kreativitas.
iya gak si?susah tauu nulis begitu..pake mikir..:p
tapi nih ya,kalo ada tulisan yang sebenernya gak besar kecil. gak pake paduan huruf angka, tapi bikin gw puyeng bacanya, langsung deh gw cap alay.ini nih misalnya :
*ini tulisan gw copy langsung dari status FB orang yang gw anggap alay,tanpa gw ubah kata2nya.sm skali*
"lgii rada ilfeel zamma cw0 yg S0K GANTENG, S0K KEREN, S0K K0TA, n S0K FAM0US,,, ckckckkk , pdhal byaza na w d0nt care bngedd zamma kya gtuan . tpii zaking parah na gtu loh , hadeeehh,,, ckckckkk"
................
*no komen*
2. pakaian.
well sbenernya kalo ini rada2 subjektif. agak2 absurd gmn kasi batesannya. karena kadang2 para alay ini 'lumayan' tau fashion..cuma sayangnya mereka berkecenderungan untuk memadu padankan dg asal masing2 genrenya. oh entahlah, gw sendiri juga gak ngerti2 amat soal fashion. tapi setidaknya gw tau diri untuk berpakaian semestinya..^^v
ini beberapa gambarnya :





bandingkan sm yang ini :





kliatan kan..
err..gw takut di banned ne..mending dinilai sdr2 ya kliatan apanya:p
atau kalo mau cek bisa dibandingkan antara ini sama ono.
3. tata bahasa
oh yeahh pasti cara ngomong masuk hitungan.
biasanya diindikasikan dari gaya2 ngomong ala cincya *****, atau kalo gak suara2 yang menyek2 mendayu biru..
adwuuuhhh..gw subjektif banget yaakk..:D
abisan ngeganggu bgt dah sumpah. apalagi kl udah yang ngomong ala manis manja..
pffff..ke THT deh gih..biar rada sembuh..kasian lo tar kl udah klinis..:P
4. Selera musik..
wah2 kalo ini si gw rada2 gak brani ngejudge.
katanya si kl para si ABG-ABG berlebay-an ini biasanya punya selera musik yang mendayu2..kl kata efek rumah kaca si mungkin karena qt darah melayu..*halahh, spoiler bgt:p
tapi..tapi..tapi.. gak semua yang doyan melayu2an itu alay kok.
ada beberapa melayu yang emang enak didenger.
dan yah mungkin rata2 alay suka melayu, tapi gak semua yang suka melayu alay kan?
gilee..bijak kan gw?
bberapa diatas tadi kan kalo versi gw tuh..
tapi gw ngerasanya makin lama orang2 makin melebarkan definisi alay.
kayak misalnya,
1. orang dengan selera musik rindu band, esteh dua gelas, pasti dianggap alay,
2. orang2 yang demennya bergaya rambut polem atau ala2 Tau Ming Tse jaman F4 dulu.
3. orang2 dengan gaya pakaian gak biasa atau gak sesuai selera umum..
well rada2 susah jg si kasi batasan2. sumpah dah pkoknya asal bikin lo sakiit aja mata lo, biasanya semua sepakat nganggep alay.
ato gak biasanya kalo emang lagi dendam suka tunjuk2an deh sesama alay..iya kan?ngaku aja udah..:p
lucunya adalah, kadang2 ada loh alay yang gak sadar diri dan justru malah ngatain orang laen alay. Ato kadang gak dia gak percaya dikasi tau dirinya alay. Dan yang terakhir nih yang paling bahaya..
udah tau..dikasi tau, ehh masi bangga dengan profesi alaynya.ckckckck
kayak yang gw pake contoh diatas tuh,
itu jujur oknum di friendlist FB gw.udah gw bilangin secara alus waktu qt komen2 di status FB..
gw : sai, tulisan lo kenapa gt si..susah tau bacanya..*sopan dong gw*
doi : eaa iiagh?ah, luthuuuw tawhh..
gw : err..yah mungkin juga sii..tapi biasanya yang nulis kayak gt alay..hehehe..maap yah^^
doi : alay?alay apz ziighh..
gw : nghh...coba goggling deh..*masi berusaha jawab via status FB sambil senyum manis
doi : ohh..iya2 tau.alay ya..*trus tiba2 dia jawab status di Fb gw dg bahasa normal.Gosh!ternyata dia bisa...:terharu*
gw : maap ya saii..
doi : oh iya, sante aja kali.aku baru tau. ternyata gt toh alay..*nulis normal*
gw pikir selesai dong yaa masalah..
terharu banget bisa menyadarkan satu alay..*lebay*
besokannya pas gw buka FB tuh orang masi bikin status dengan cara nulis yang sama..
........
kwaaakk..kwaaak..kwaaak..
yasudahlah.
hopeless gw ingetin lagi.gak enak juga sama anaknya gw.
tapi tetep berusaha buat menyadarkan alay-alay kiplay itu!
mari sodara-sodara>,<
ps :
alay!
jangan hindari orangnya, tapi penyakitnya.
tapi ati2..alay menular lohh:p
btw tulisan gw rada carut marut ya?
sengaja kok, kan biar ssuai sama topik..hihihi*ketawagaringkarenaputusasangubahsettingangagalterus T,T*
haha, kayanya ini blog merhatiin banget ALAY itu
BalasHapuspadahal gue lagi nyari pengertian disturbia, malah ngakak baca artikel tentang alay! :D
BalasHapus